Resensi Buku Pendidikan: Ilmu Pendidikan

Resensi Buku Pendidikan: Ilmu Pendidikan

Resensi buku pendidikan sangat penting. Tidak saja untuk memberi informasi pada publik tentang realitas dunia pendidikan tetapi secara terus menerus memberikan sumbangan pada perbaikan peradaban masyarakat. Kali ini admin ingin memberi kredit pada
https://www.academicindonesia.com/contoh-feature/ yang terus menerus berjuang memberikan inspirasi melalui artikel-artikelnya.

Judul Buku: Ilmu Pendidikan
Pengarang: Dwi Siswoyo, dkk
Penerbit: UNY Press
Tahun: 2013
Tempat Penerbit: Yogyakarta
Tebal: 165 Hal

Sinopsis

Pengajaran yakni gejala semesta (fenomena universal) dan berlangsung sepanjang hayat manusia, dimana saja manusia berada. Dasar Pengajaran yakni landasan berpijak dan arah bagi Pengajaran sebagai wahana pengembangan manusia dan masyarakat. Meskipun Pengajaran itu universal, tetapi bagi suatu masyarakat, Pengajaran akan diselenggarakan menurut filsafat dana tau pandangan hidup serta berlangsung dalam latar belakang sosial tradisi masyarakat tertentu. Secara faktual, kesibukan Pengajaran yakni kesibukan antar manusia, olehmanusia dan untuk manusia. Itulah kenapa diskusi seputar Pengajaran tak bisa dilepaskan dari pembicaraa seputar manusia. Dalam sebagian sumber pustaka bisa ditemukan pelbagai rangkuman seputar manusia. Manusia yakni makhluk yang mahir bertanya, pun dia mempertanyaakan dirinya sendiri, keberadaannya dan dunia seluruhnya.

Via Pengajaran, manusia yang menghuni dunia semesta ini tak sekadar sebagai potensi demografikal namun secara makin sadar menunaikan tugas dan panggilan eksistensinya sebagai potensi kultural. Dalam posisi sadar eksistensinya sebagai energi kultural itu, manusia pada lazimnya dan pengajar (guru) terutamanya, hendaknya senantiasa mengoptimalkan pemahaman terus menerus mengenai Pengajaran didalamnya.

Bermacam-macam pandangan melahirkan teori teori Pengajaran (theories of education). Teori – teori Pengajaran diinginkan yakni elemen – elemen bangunan pengetahuan (a body of knowledge) ilmu Pengajaran (soedomo, 1990: 3 1-33). Ilmu Pengajaran yakni ilmu yang mengkaji fenomena pengajaran dan segala fenomena yang ada hubungannya dengan pengajaran dalam perspektif yang luas dan integratif. Progres Pengajaran terjadi jikalau ada interaksi antar bagian Pengajaran, artinya saling berkaitan secara fungsional dalam kesatuan yang terpadu.

Pada hakikatnya kegiatan Pengajaran senantiasa berlangsung dengan melibatkan elemen subjek atau pihak pihak sebagai artis pria penting. Film penting itu menurut Noeng Muhadjir (1994) disebut sebagai subjek penerima di satu pihak dan subjek pemberi di pihak yang lain dalam suatu interaksi pengajaran. Dalam praktiknya, subjek penerima yakni peserta ajar, meskipun subjek pemberi yakni pengajar.

Ki Hajar Dewantara menyuarakan bahwa Pengajaran lazimnya berarti tenaga-upaya untuk memajukan perkembangan budipekerti (energi batin, karakter), pikiran (intellect), fisik si kecil – si kecil. Maksutnya yakni agar kita bisa memajukan kesempurnaan hidup, ialah kehidupan dan penghidupan si kecil si kecil, serasi dengan alamnya dan masyarakatnya.

Kekurangan dan Kelebihan

Kekurangan dalam penulisan buku ini yakni tata metode penulisan belum cocok kaidah yang benar. Harus tak segala alinea rata di kiri, ada alinea tertentu yang semestinya menjorok. Dalam penulisannya juga ditemukan sebagian kata yang memakai setting huruf italic kurang ideal, seperti terdapat pada halaman 112 pada sub judul a hingga h.

Disamping kekurangan hal yang demikian, buku “Ilmu Pengajaran” mempunyai banyak kelebihan. Diantaranya yakni penjelasan pada pengertian – pengertian disetiap bab amat bagus sebab mencantumkan banyak sumber anggapan para spesialis yang bisa menambah banyak wawasan pembaca. Materi dalam buku ini juga mendetail yang menciptakan penjelasan dalam buku ini amat terang.

Target

Buku ini sangatlah layak untuk para calon pengajar sebab dalam buku ini terdapat materi yang amat komplit mengenai Pengajaran terutamanya materi ilmu Pengajaran. Buku ini juga dianjurkan untuk Pengajar sebab buku ini bisa diciptakan pegangan oleh para pengajar yang mengharapkan ilmu lebih untuk rujukan dalam mendidik. Sebagai seorang Penentu kebijakan dalam bidang Pengajaran, buku ini bisa diciptakan sebagai rujukan untuk mengenal lebih dalam mengenai ilmu Pengajaran sekalian mengenai pengajar dan peserta ajar supaya kebijakan yang dibuat efisien.