Resensi Buku Tata Boga

Resensi Buku Tata Boga

Kali ini admin ingin meresensi buku penting dalam dunia tata boga. Tapi sebelum itu admin ingin berterima kasih pada produsengerobakangkring.com yang telah mendukung kami untuk mendirikan website ini.

Penulis: Anna Selby – Oona van den Berg

Penerbit: Erlangga

Tahun Penerbitan: 2004

Tebal Buku: 128 Halaman

Kelebihan        :   buku ini layak untuk seluruh umur, mulai dari si kecil-si kecil, remaja, ibu-ibu,  malah untuk lansia. buku diperkenalkan dengan menarik, terdapat gambar disetiap halaman, artikel   dibentuk dengan singkat terang dan padat, serta kwalitas kertas tak gampang robek dan tak gampang tercoret

Kekurangan      :   kata-kata yang diterapkan kurang menerangkan inti dari keadaan sulit, terlalu terbelat-belit

RINGKASAN BUKU :

MAKANAN BERKHASIAT

Makanan yang kita konsumsi menyediakan bahan baku dan tenaga untuk pergerakan cara didalam tubuh yang amat rumit, pertumbuhan terus-menerus, serta koreksi dan regenerasi sel. Tiap hari, tubuh kita sibuk buang sel-sel yang sudah tua, rusak, maupun mati, serta menggantinya dengan sel-sel baru dan sehat

Untuk memelihara tubuh supaya konsisten sehat, kita perlu makan makanan yang menyediakan tenaga sebaik mungkin.

Protein Protein bisa ditemukan di dalam ikan, daging, unggas, binatang hasil buruan, produk susu, telor, polong-polongan, lentil, kancang-kacangan, biji-bijian, dan tahu.

Namun dan Sayuran Namun dan sayur mengandung bermacam ragam mineral dan antioksidan, dan bermacam ragam vitamin

Zat tepung Makanan bertepung mencakup sereal, seperti gandum, gandum hitam, oat, jewawut, beras, serta sebagian sayuran, seperti kentang, singkong, dan ubi.

Gula Gula yakni suatu format karbohidrat simpel dengan sedikit poin nutrisi. Makanan atau minuman dengan gula yang disuling memang bisa menyediakan tenaga dengan pesat. Akan namun, akan lebih bagus jikalau tenaga didapatkan dari makanan yang lebih natural.

Lemak ada tiga ragam lemak, adalah lemak jenuh, lemak tidak jenuh, lemak tidak jenuh tunggal, dan lemak tidak jenuh ganda.

Serat ragam serat yang paling bagus bisa ditemukan pada roti gandum. Walaupun, yang paling terang serat bisa ditemukan di dalam buahdan sayuran.

Namun tak toleran kepada makanan

Kian sebagian ragam makanan amat berkhasiat, dapat jadi beberapa individu amat peka kepada makanan hal yang demikian sehingga bisa mengganggu kecakapannya dalam mengabsorpsi nutrisi penting.

Pestisida dan bahan kimia lain

Berhati-hatilah pada zat tambahan tersembunyi yang terkandung dalam makanan, malah dalam makanan segar yang tak diproses sekalipun. Bahan kima berkadar rendah yang diterapkan pada makanan tampaknya memang tak akan membahayakan secara aktif bagi cara tubuh manusia. Walaupun demikian bahan-bahan kimia hal yang demikian juga tak berkhasiat bagi kita.

Makanan segar

Seandainya segar suatu makanan, kian bagus manfaatnya untuk kita karena segala makanan akan kehilangan zat gizinya sesudah sebagian waktu. Idealnya ikan dan makanan laut lainnya patut dimakan dihari yang sama saat kita membelinya. Unggas dan daging tanpa gajih bisa disimpan selama dua hari.

Sebab makanan

Saat mungkin, makanan yang dikeringkan, seperti kacang-kacangan dan biji-bijian, patut dimakan dalam rentang waktu enam bulan atau kurang. Minyak patut disimpan dalam botol kaca yang gelap, bukan yang jelas, serta disimpan dalam lemari yang gelap untuk mencegah oksidasi. Minyak zaitun bisa bertahan lebih lama dibanding ragam minyak lainnya.

Makanan utuh

Yaitu vitamin dan mineral penting banyak yang berlokasi persis dibawah permukaan tanaman, karenanya makanlah buah dan sayuran yang masih utuh dan bukan yang dikupas, sekiranya mungkin. Jangan pernah merendam buah atau sayuran sebab nutrisi nya akan larut dalam air

Menyiapkan dan menyantap makanan

Potonglah buah dan sayuran pas sebeum anda memasak atau membuatnya menjadi salad. Namun dan sayuran yang sudah dipotong-potong akan teroksidasi sehingga kandungan gizinya menjadi rusak. Makanan yang dimasak juga patut dimakan dengan langsung dan bukan dibolehkan untuk dipanaskan kembali.

Merebus

Sayuran yang terlampau lama dimasak akan menjadi hambar dan layu, sekalian kehilangan kandungan vitamin dan mineralnya.  merebus, pakai air sesedikit mungkin. Didihkan air sebelum memasukan sayuran dan masaklah sayuran sesingkat mungkin.

Mengukus

 sistem memasak sayuran yang lebih bagus. Mengus perlu waktu yang lebih lama, namun bisa mencegah larutnya zat nutrisi kedalam air.